top of page

Student Development Program (SDP)

Pujining Tyas Utami*

 

 

      Sebuah system adalah sebuah rangkaian alur yang tak terputus dan terencana untuk menghasilkan sesuatu. Misal system pendidikan di UNY, ini merupakan sebuah alur  yang sudah direncanakan seideal mungkin agar menghasilkan lulusan-lulusan yang berkompeten dibidangnya. Analog dengan peryataan tesebut, maka diORMAWA nanti akan kita kenal sebuah system yang disebut dengan System pemberdayaan mahasiswa terpadu. Dalam  system pemberdayaan mahasiswa tersebut dijelaskan bahwa alur pemberdayaan mahasiswa tidak hanya berhenti sampai pada ospek saja. Karena OSPEK merupakan pintu gerbang awal mahasiswa masuk ke perguruan tinggi, sehingga pembelajaran yang sesungguhnya adalah setelah ospek, karena disana mahasiswa dituntut untuk lebih peka terhadap apa yang terjadi pada lingkungan sekitar.

     Student Development Program (SDP) merupakan salah satu dari system pemberdayaan mahasiswa yang juga include kedalam system pemberdayaan mahasiswa terpadu. Dalam SDP, mahasiswa baru akan dibagi kedalam empat bidang  sesuai dengan potensi, minat, serta bakat mereka. Yaitu:

A.    politik kampus (leadership)

    Seringkali ketika kita mendengar kata politik kampus  yang akan muncul dalam pikiran kita adalah orang-orang yang akan senantiasa aksi, namun pada kenyataan politik kampus bertujuan agar mahasiswa peka terhadap kondisi kampus terutama diwilayah kebijakan. Politik kampus mencoba membentuk mahasiswa yang memiliki manajerial kepemimpinan, karena manajerial kepemimpinan itu harus dimiliki semua orang, minimal ketika memimpin diri sendiri.  

 

B.    penelitian (research),

   Sebagai seorang mahasiswa seringkali kita menjadi seorang mahasiswa yang ilmiah, yang mampu menghasilkan sebuah karya ilmiah.  Penelitian mencoba membentuk mahasiswa yang mampu menghasikalan karya ilmiah, yang akan diusulkan pada PKM, dll.

 

C.    jurnalistik  

     Berita itu sangat cepat sekali menyebar.hal itu tak terlepas dari peran-peran media yang handal.Dalam jurnalistik kita akan dibelajarkan mengenai banyak hal, cara mencari media, mengolah berita, mengemas berita, mempublikasikannya,dll.

 

D.    enterpreneur( kewirausahaan).

      Menjadi seorang mahasiswa, tidaklah membuat kita terkungkung dalam bidang akademik kita saja, dan harus bekerja dari bidang akademik kita(red:jurusan), namun seorang mahasiswa, diharapkan mampu menjadi orang yang mandiri, bahkan sebelum kita menyelesaikan kuliah kita.Salah satu nya yakni dengan kita belajar ber-wirausaha.

Berawal dari Kapita Selekta pada OSPEK yang dilanjutkan dengan follow up yang akan kita kenal dengan Student Development Program (SDP) yang dirancang agar mahasiswa baru memiliki spesifkasi ilmu yang integral. Tidak sampai disitu. Dalam prosesnya pun mahasiswa baru akan didampingi oleh pemandu-pemandu yang profesional dalam bidangnnya. Itulah sekilas tentang Student Development Program (SDP).Dan pastikan diri Anda berada didalamnya !!!!

 

 

 

bottom of page