top of page

Sambutan Rektor UNY

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.         

SALAM MAHASISWA

       Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. atas karunia dan nikmat-Nya, terlebih-lebih bagi Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun akademik 2013/2014, karena pada tahun ini mereka telah menjadi bagian dari Keluarga Besar FMIPA UNY.

      Pembukaan Ospek UNY yang bertepatan pada hari Kemerdekaan RI, pada tanggal 17 Agustus 2013 merupakan  momentum yang baik, bukan sekadar untuk mengingat kembali ruh kemerdekaan yang telah digelorakan para pahlawan pendahulu, tetapi lebih dari itu, momentum tersebut adalah  langkah awal untuk bersama-sama bangkit menjadi sebuah bangsa yang mandiri. Bangsa yang dengan kekuatannya sendiri mampu memproduksi peradabannya menuju masyarakat madani. Seiring dengan itu, sikap ketergantungan dengan bangsa lain pun harus segera dilepaskan, tanpa harus melepaskan jalinan kerjasama antarbangsa berdasarkan prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan. Bagaimanapun Indonesia adalah bangsa yang kaya raya, memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah dan dan sumber daya manusia (SDM) yang besar. Jika modal ini dikelola dengan baik, cita-cita menuju masyarakat madani bukan sesuatu yang tidak bisa diwujudkan.

       Oleh karena itu tema “Aktualisasi Scientis Profetik Menuju Peradaban Indonesia Mandiri” yang ditawarkan Panitia Ospek FMIPA UNY tahun 2013 kepada Maba merupakan tema yang sangat kontekstual untuk menjawab persoalan-persoalan moral menuju bangsa yang mandiri dan berkaraker. Bangsa yang mandiri dan berkarakter ini bukanlah sesuatu yang mudah diwujudkan. Bangsa ini harus memiliki modal yang besar, salah satunya adalah sejauhmana kita dapat mengimplementasikan ilmu kenabian (scientis profetik) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

     Cendikiawan muslim Indonesia (alm) Prof. Dr. Nurcholish Madjid (Cak Nur) mengatakan bahwa risalah kenabian merupakan pangkal dan sumber peradaban. Dalam pandangan Cak Nur, risalah (ilmu) kenabian ini meliputi tiga hal, pertama, menyampaikan ajaran  ilahi yang termuat dalam kitab suci; kedua, mengembangkan hikmah kearifan, yaitu kebenaran di luar kenabian; dan ketiga, mendorong kegiatan menelaah gejala-gejala alam dan sejarah sebagai tanda-tanda kebesaran Tuhan, untuk mengungkapkan hal-hal yang belum pernah diketahui manusia. Para pengemban risalah kenabian ini, pada hakikatnya adalah seorang ulama, yakni sosok yang memiliki ilmu pengetahuan (kecerdasan intelektual), moral yang baik (kecerdasan emosional), dan pribadi yang mengetahui asal-usulnya sebagai ciptaan Allah Swt. (kecerdasan spiritual).

    Dengan demikian sikap dan kepedulian mahasiswa FMIPA untuk terus menggelorakan  ilmu kenabian kepada para Maba patut untuk diapresiasi, terlebih saat ini bangsa ini sangat membutuhkan risalah tersebut untuk memperbaiki situasi moralitas anak bangsa yang sedang bermasalah. UNY sendiri sudah melatakkan nilai-nilai kenabian sebagai dasar dan tujuan universitas, yakni Bertaqwa, Mandiri, dan Cendekia. Sebagai perguruan tinggi yang salah satunya memiliki tanggung jawab mengembangkan  dan mewariskan ilmu pengetahuan, UNY sadar bahwa nilai-nilai kenabian harus dijadikan bekal bagi mahasiswa UNY agar kelak, ilmu tersebut berguna bagi para mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, sehingga cita-cita mewujudkan bangsa yang mandiri dan berkarakter perlahan-lahan dapat diwujudkan.

       Untuk itu saya berharap agar tiga kegiatan besar pada Ospek FMIPA, meliputi Brain  Storming (pengungkapan masalah-masalah kebangsaan); Dialektika Mahasiswa (upaya mencari solusi atas masalah tersebut; dan Student Development program (tindakan nyata yang harus dilakukan), harus betul-betul dirancang dengan baik sehingga ide aktualisasi ilmu kenabian menuju peradaban Indonesia yang mandiri dan berkarakter dapat diimplementasikan kepada para Maba. Sekaligus, di saat yang sama, saya berpesan kepada panitia dan Maba untuk menjaga keindahan, keharmonisan, dan keberagaman UNY.

     Akhirnya, atas nama keluarga besar UNY, saya mengucapkan Selamat Datang kepada Maba FMIPA UNY. Di tangan kalianlah, UNY pada umumnya dan FMIPA pada khususnya dapat menghasilkan insan yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia. Amien!

SALAM MAHASISWA

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Yogyakarta, Agustus 2013

Rektor,

 

 

 

 

 

 

 

 

Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.

NIP. 19570110 198403 1 002

 

bottom of page