top of page

KSI MIST FMIPA 2013

       KSI MIST atau Kelompok Studi Ilmiah MIPA Scientist, adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa FMIPA UNY yang bergerak di ranah penelitian dan karya tulis. KSI MIST didirikan sejak tanggal 6 juli 2002 dan sejak saat itulah KSI MIST menjadi salah satu penompang penting bagi mahasiswa FMIPA UNY untuk memaksimalkan  potensinya terutama dalam bidang penelitian. Pada tahun kepengurusan 2013 ini, KSI MIST dinahkodai oleh mas Ikfan Febriyana mahasiswa pendidikan Matematika (Internasioanal) 2010 asal Gunungkidul dan dibimbing oleh ibu Prof. Dr. Sri Atun dosen  jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY.

    Visi KSI MIST ialah Menjadikan KSI MIST sebagai wadah yang kondusif  untuk mengoptimalkan jiwa keilmiahan dan organisasi  mahasiswa FMIPA UNY. Kemudian misinya adalah (1) Memperkuat kondisi internal dan eksternal KSI MIST di bidang penelitian dan organisasi (2) Menumbuhkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa FMIPA UNY dalam bidang karya ilmiah (3) Meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah mahasiswa FMIPA UNY (4) Berkontribusi dalam program penelitian dan pengabdian masyarakat.

        KSI MIST memiliki pengurus inti yang merupakan pengurus yang bertanggung jawab penuh terhadap kelembagaan KSI MIST. Mereka yang akan memantau kinerja dan mem-back up semangat pengurus KSI MIST 2013. Personilnya ialah Ikfan Febriyana, sebagai Ketua I, Atika Salma, sebagai Ketua II, Nurul Hidayah, sebagai Sekertaris I, Tri Ayunda Wijiningsih, sebagai Sekertaris II, Dwi Prihastuti, sebagai Bendahara.

     Lalu, terdapat divisi-divisi yang bertanggung jawab atas beberapa hal, pertama divisi  SDA atau Sumber Daya Anggota. SDA adalah divisi yang bertanggung jawab terhadap pembinaan dan kaderisasi KSI MIST. Di tangan divisi SDA potensi pengurus dan anggota KSI MIST  baik itu potensi akademik, kepenulisan ataupun skill dalam berorganisasi akan lebih diasah, disalurkan dan diaktualisasi. Kepala divisinya adalah Kyki Roshita Dewi mahasiswi Matematika. Salah satu program kerja Divisi SDA  adalah Research Night.

     Kedua, divisi KPL, merupakan singkatan dari kajian penalaran dan lomba adalah sebuah divisi yang menjadi ujung tombak KSI MIST dalam berbagai hal yang berhubungan dengan keilmiahan.  Kepala divisi ini adalah : Azhar Nasih Ulwan. dari jurusanPendidikan  kimia Internasional 2011. Beberapa program kerja dari divisi KPL yaitu MIST School 1 dan 2,  Seminar Nasional, Lomba ranking 1 dan Desa binaan. Ketiga, divisi IP merupakan singkatan dari informasi dan penerbitan. Divisi ini sebagai jurnalistiknya KSI MIST, bertanggung jawab mengenai informasi  dan penerbitan dari KSI MIST. Kepala divisinya adalah Nurul Miftakhul Jannah dari prodi Pendidikan Fisika 2011. Divisi ini mempunyai beberapa program kerja yaitu Mading 3D, “Mist Creation” (MC), Buletin, dan Lomba Mading antar Ormawa se-UNY.

      Kelima, divisi Kesra atau kesejahteraan anggota adalah divisi yang mengusuri kesejahteraan pengurus dan anggota. Selain itu, divisi ini juga memiliki tugas untuk mencari dana tambahan dalam kegiatan KSI MIST. Kepala divisi nya adalah : Leni Suleni mahasiswi jurusan pendidikan kimia subsidi. Salah satu proker divisi ini adalah baksos. Kelima, divisi Humas yang bekerja diladang hubungan antara organisasi mahasiswa , dan organisasi-organisasi yang mana lebih condong peda urusan – urusan eksternal KSI MIST. Kepala divisinya adalah Miftahudin Nur Ihsan, mahasiswa jurusan pendidikan kimia . Salah satu proker Humas  adalah FOSMAN (Forum saintist muda nasional).

 

bottom of page