top of page

Sambutan Ketua BEM KM UNY

Selamat Datang!!!

Kepada para mahasiswa, yang merindukan kejayaan

Kepada rakyat yang kebingungan di persimpangan jalan

Kepada pewaris peradaban, yang telah menggoreskan

Sebuah catatan kebanggaan, di lembar sejarah manusia

Wahai kalian yang rindu kemenangan

Wahai kalian yang turun ke jalan

Demi mempersembahkan jiwa dan raga

Untuk negeri tercinta.
(totalitas perjuangan)

 

Hidup Mahasiswa…!

Hidup Mahasiswa Indonesia…!

 

Assalamua’laikum Wr Wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Segala puji bagi Allah SWT yang tak pernah berhenti mencurahkan nikmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berjumpa dalam kesempatan kali ini. Dia yang telah memilih kita diantara sekian banyak calon mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sholawat serta salam semoga selalu membasahi lisan kita, yang kita persembahkan kepada suri tauladan kita Rasulullah SAW, yang terus selalu kita nantikan syafaatnya pada yaumil akhir nanti. Amiin

 

Selamat Datang!!! Wahai the future leader, generasi terbaik yang memberikan cahaya, para pemuda/i yang siap mengemban amanah sebagai mahasiswa di kampus biru UNY – kampus pendidikan peradaban.

 

Pertama, kami ingin menyampaikan selamat kepada kawan-kawan para mahasiswa baru angkatan 2013 atas keberhasilannya melewati persaingan yang sangat ketat dalam meraih tempat belajar di kampus ini. Kami percaya bahwa tentunya kawan-kawan akan menggunakan kesempatan yang berharga ini untuk berkarya secara maksimal baik dalam hal meningkatkan kemampuan akademik maupun dalam hal peningkatan non akademik. Kami berharap agar kawan-kawan dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia di universitas ini.

 

Kedua, perjuangan kita pada hakikatnya merupakan upaya perubahan. Dimana perubahan yang dikehendaki bukan perubahan segelintir orang saja, namun perubahan secara massal dari semua manusia tanpa kecuali yang mencakup seluruh dimensi kehidupan manusia. Mahasiswa selain sebagai akademisi juga berperan sebagai Agent of Change, Social Control, dan Iron Stock bagi kemajuan bangsa. UNY yang dikenal sebagai kampus pendidikan diharapkan mampu melahirkan calon-calon pemimpin dan perubahan yang dapat memberikan sumbangsih pemikiran demi perbaikan masalah pendidikan dinegeri ini. Oleh karenanya, kawan-kawan yang akan menjadi pahlawan perubahan dan perbaikan itu.

Hidup adalah pilihan. Kita harus pandai-pandai memilih, hanya ada dua pilihan yang akan kawan-kawan temui, memilih menjadi yang gagal atau yang sukses. Untuk mencapainya diperlukan perjuangan layaknya seorang pahlawan karena selalu ada rintangan, tantangan dan persaingan. Diperlukan itu semua sebab ini saatnya kita berlomba-lomba dalam kebaikan dan saling membantu untuk sukses bersama.

 

Ketiga, Orintasi Studi Pengenalan Kampus (OSPEK) merupakan salah satu wahana untuk membekali mahasiswa baru dengan dasar pengetahuan tentang dunia kampus. Dalam OSPEK ada dua poin penting. Pertama, menyangkut dunia akademik. Kedua, dunia organisasi di dalam kampus. Kegiatan OSPEK dipersiapkan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan civitas akademika dan dunia kampus yang berlandaskan akan nilai-nilai Taqwa, Mandiri, Cendekia. Kegiatan yang dilaksanakan pada saat mahasiswa baru pertama kali memasuki UNY ini merupakan moment besar yang sangat penting agar kita saling kenal di kampus UNY tercinta. Oleh karena itu, kita harus sungguh-sungguh melaksanakannya, manfaatkan dengan baik moment ini karena dari OSPEK bisa jadi dapat menentukan kesuksesan kita di masa depan.

 

Keempat, banyaknya permasalahan yang melanda negeri kita tercinta ini mengakibatkan adanya suatu harapan bagi generasi muda khususnya yang berstatus mahasiswa untuk menyelesaikan dengan gagasan-gagasan segar yang lahir dari intelektualnya. Seperti apa yang dikatakan Bung Karno (1945) “Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali”. Hal inilah yang menjadi pendorong dimana elang rajawali itu dicerminkan dalam seorang mahasiswa yang dituntut untuk mampu meningkatkan kapasitas maupun kemampuan/skillnya melalui Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) sesuai dengan minat dan bakatnya. Kampus memberikan tempat representatif bagi pengembangan dan peningkatan kapasitas mahasiswa melalui ORMAWA. Oleh karena itu, sewajarnya mahasiswa bisa aktif dalam kegiatan-kegiatan ORMAWA yang selama ini menjadi laboratorium kehidupan mahasiswa dikampus.

 

Akhirnya, kami mewakili Keluarga Besar Mahasiswa UNY dan rekan-rekan ORMAWA UNY mengucapkan selamat bergabung di kampus pendidikan peradaban, kampus Jas Biru Kebangganku - Universitas Negeri Yogyakarta. Ingatlah, diluar sana masyarakat selalu menunggu sekecil apapun kontribusi kita. Semoga kontribusi yang kita berikan dapat memberikan sebuah perubahan besar bagi masa depan Indonesia.

 

Semangat Menginspirasi!!!

Semangat UNY untuk Indonesia…!!!

Wassalamualaikum Wr Wb

bottom of page