top of page

International Organization for Standarization

Oleh: Agung Wijaya, M.Pd

 

 

        Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas, maka pendidikan di Indonesia harus terus dibangun dan dibenahi. Dengan demikian pembangunan pendidikan harus : (a) dapat menjamin kesempatan belajar bagi warga masyarakat secara keseluruhan, (b) relevan dengan kebutuhan lapangan kerja, dan (c) diarahkan pada mutu pengajaran dan lulusan. Pembangunan mutu ini sangat bergantung pada efektivitas belajar mengajar dan sumber daya pendidikan seperti guru/dosen yang bermutu, fasilitas infrastruktur yang memadai, dan  pengelolaan pendidikan yang efektif dan efisien.

        Oleh karena itu, ke depan, strategi pembangunan pendidikan nasional mau tidak mau harus mengalami peningkatan, baik yang berkaitan dengan kurikulum, proses belajar mengajar, sarana prasarana maupun sistem yang dapat menyempurnakan sistem pendidikan secara terus menerus. Dengan demikian, maka strategi pendidikan ideal adalah peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan yang  diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas dan produktifitas pendidikan.

     Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang  memiliki peran sangat besar dan efektif untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memenuhi kriteria tersebut di atas. Hal ini yang memacu Menteri Pendidikan Nasional mengeluarkan kebijakan yang sangat strategis berkaitan dengan peningkatan mutu atau kualitas pendidikan tinggi di Indonesia agar mampu bersaing untuk masuk dalam rangking pendidikan tinggi kelas dunia (world class university-WCU). Di samping itu, dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan pencitraan publik internasional, Departemen Pendidikan Nasional telah menerapkan kebijakan bahwa setiap unit utama organisasi baik unit kerja pusat maupun daerah agar meraih sertifikat ISO 9001:2008 sebagai bukti pengakuan dunia internasional terhadap kebijakan Menteri Pendidikan Nasional tersebut.

      Berdasarkan paparan di atas, maka sudah menjadi keharusan bagi para pelaku atau penyelenggara pendidikan untuk melakukan perubahan mendasar, baik pada input, proses maupun output pendidikan. Oleh karena itu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berupaya sekuat tenaga untuk menyesuaikan sertifikat dari ISO 9001:2000 menjadi ISO 9001 : 2008 agar dalam menyelenggarakan proses pendidikan memperoleh pencitraan dan akuntabilitas dari masyarakat luas. Dampak lain kesuksesan FMIPA UNY meraih sertifikat ISO 9001 : 2008, adalah lulusannya  juga akan memperoleh pengakuan dari masyarakat, dan tidak tertutup kemungkinan pengakuan masyarakat internasional. Dengan demikian, diharapkan lulusan FMIPA UNY dapat bersaing baik dalam tataran nasional maupun internasional.

 

 

 

bottom of page